Apa itu Mental Illness? Bahaya, Film Joker Bisa Picu 'Gangguan Kejiwaan', Benarkah?

  Sebelum kita jauh membahas mengenai filmnya, kita harus paham dulu, apa sih maksud sebenarnya yang dikatakan sebagai penyakit Mental Illness, dan seberapa bahayanya sih hal ini itu.


 Secara garis besar dan singkat, Mental Illness adalah sebuah penyakit gangguan jiwa yang menyebabkan penderitanya sulit untuk memahami perilaku yang dianggap normal dan tidak.  


  Jadi, sebenarnya penyakit ini bukan sesuatu yang bisa dibanggakan, apalagi hanya untuk pamer di social media, hanya berdasar mengikuti trend dan masuk di pasar trend itu sendiri.
 
 Penyakit Mental Illness ini setelah saya riset dan membaca beberapa artikel tergolong penyakit yang berbahaya jika dibiarkan dan tidak dilakukan terapi. Penangannya sendiri harus dilakukan sejak dini.

 Penyebab penyakit ini bisa muncul dikarenakan stress dan depresi berlebihan dari si penderita, mengalami tekanan mental, dan traumatik terhadap kehilangan sesuatu yang sangat berharga di hidupnya.

 Namun, yang harus di garis bawahi disini adalah, bahwa Mental Illness bisa muncul selain faktor diatas, bisa juga disebabkan oleh tekanan batin dari keluarga dan lingkungan sekitar yang berbelihan, dll.
 Mental Illness sendiri punya beberapa gejala yang jelas ;

  1.  Sering merasa sedih dan tidak punya harapan
  2.  Munculnya keinginan mengakhiri hidup
  3. Tidak bisa mengendalikan diri sendiri
  4. Sering takut tanpa alasan 
  5. Perubahan pola makan yang drastis 
  6. Perubahan mood yang cepat 
  7. Sering memikirkan suatu yang berlebihan 
  8. Suka menyakiti diri sendiri 

  So, buat kalian yang merasa mengalami gejala diatas, coba bisa kalian periksakan diri kalian ke dokter atau mungkin lakukan terapi agar sembuh dari penyakit gangguan kejiwaan ini
 
 Nah, sekarang kenapa film Joker bisa dihubung-hubungkan dengan penyakit kejiwaan ini? 


  Karena, Joker yang diperankan Joaquin Phoenix ini adalah seorang yang ‘gagal’ di kehidupan sosialnya. Diintimidasi, terisolasi, dan dianggap ‘sampah’ oleh masyarakat. Mungkin dari pembangunan karakter ini ada yang merasa bahwa, 


“I Feel the same, I feel the same, then boom… “


 Jika kita menilik pembangunan karakter joker dari dulu adalah dengan cara memperlihatkan tawa yang tidak terkendali dan tidak pada tempatnya, Example ;

 *Orang Normal ; ketika melihat seseorang menderita, berharap tolong, sudah sekarat, pasti naluri yang muncul adalah belas kasihan dan berusaha menolong.

 *Pembangunan Karakter Joker? Dia akan dibuat menikmati setiap detik kematian orang tersebut dengan tawa terbahak dan nada suara yang mengintimidasi.

 Biasanya, kondisi joker adalah dia sering tertawa dan menangis secara berlebih dan tidak terkendali, dimana ini adalah metode paling tepat untuk me- deliver emosi kepada penontonnya, diperkuat dengan gesture dan tatapan matanya yang sangat kuat dan kejam.

 Dan satu lagi yang menjadi penambah tapi sebenarnya kunci dari film ini?


Tone Warna dari Filmnya sendiri

 Dengan membawa tone warna gelap, film ini sangat berhasil menerjemahkan segala emosi dan depresi kepada penikmatnya.

 Ini bagus dan brilian untuk sutradaranya, tapi tidak untuk penikmat yang sedang mengalami stress berat dan depresi.

 Jadi Poinnya adalah, Joker berhasil, sangat berhasil dari segi film, karena film bisa dikatakan sukses bila emosi dalam layar bisa ditransfer dengan baik kepada penontonnya. balik lagi, Joker just a movie, its entertain dan mereka berhasil dengan itu.


"8 menit apresiasi di Venice Film Festival ? it's huge achievement, and its prove this masterpiece is brilliant, thats it."

  Tapi, untuk kalian yang mungkin kondisinya sedang ‘tidak baik-baik saja’ bisa agaknya menahan diri menonton film ini sampai kondisi kalian baik dan jernih.

 Saya bukan ahli psikologis atau mental, whaetever it is, saya hanya awam yang menyampaikan pendapat saya tentang fenomena ini
 
 So, Don’t fotget to Pray, Work, and Iqro

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuntilanak Bisa Digebuk Pakai Sapu? Inilah 5 Bukti Hantu Gak Bikin Takut, No. 2 Gak Nyangka

Mengejutkan, Tentara India Temukan Bukti Asli 'Siluman' Yeti itu Ada, Awalnya Biasa Lalu...

Emang Cuma Indigo Doang? Inilah 5 Bukti Asli Semua Orang Bisa Lihat Hantu, No. 4 Terbukti!